PDF Converter

Merubah Dokumen Word ke file PDF dan Sebaliknya

Pembaca pasti sudah pada tahu bahwa untuk membuat dokumen PDF (file Acrobat Reader) banyak sekali programnya, tinggal download saja. Tetapi yang sering dirubah ke format PDF sebagian besar adalah dokumen Microsoft Word.

Penulis juga menggunakan PDF Converter yang namanya Solid Converter PDF, yang digunakan khusus untuk dokumen Word. Program ini digunakan untuk Merubah Dokumen Word ke file PDF atau Sebaliknya dari file PDF ke Word. Cara memakainya bisa langsung dari Word, karena sudah terintegrasi ke program Word. Artinya, setelah program ini diintall maka di layar Word akan muncul TOOLBAR tambahan PDF (ikon Open PDF dan Create PDF). Jika menggunakan Office 2007 akan tampil di Menu Add-Ins.

[ Download  Solid Converter PDF ]

Isi File PDF tidak bisa di-COPY dan tidak bisa di-PRINT

Jika kita ingin isi file PDF yang kita buat tidak disalahgunakan atau dijiplak orang, kita bisa membuat proteksi terhadap file PDF yang dipublikasikan. Contoh proteksi terhadap isi file PDF antara lain :

  • Teks di dalam file PDF tidak bisa di-copy tetapi file PDF-nya bisa di-print, artinya isi dokumen hanya bisa dibaca dan jika di-print hasilnya sesuai aslinya.
  • Teks di dalam file PDF tidak bisa di-copy serta file PDF-nya tidak bisa di-print, artinya dokumen hanya bisa dibaca saja. Hal ini untuk menghindari dokumen yang dibuat tidak dapat dijiplak dan diperbanyak oleh orang lain.

Cara membuat dokumen PDF yang diproteksi menggunakan program Solid Converter PDF, silakan Download Cara Proteksi PDF di sini.

Merubah Dokumen Lain ke Bentuk PDF

5 comments on “PDF Converter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s